BERITA TERKINI

Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Polda Jatim Gelar Lomba Blogger Kampung Tangguh Semeru

Posted by Media Sinar Pagi - suara aspirasi rakyat on Minggu, 21 Juni 2020

SinarPagi.co.id | Polda Jatim - Konsep Kampung Tangguh Semeru 2020 tema peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Polri ke 74. Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran melalui Bidang Humas Polda Jatim, menggelar lomba Bloger Kampung Tangguh Semeru.
Lomba Blogger untuk umum ini akan dibuka pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 22 sampai 23 Juni 2020, dan dimulai tanggal 24 sampai 28 juni 2020 dengan memperebutkan hadiah total untuk lima orang pemenang senilai Rp.50 juta.
Dalam lomba Blogger ini juga mempunyai tagline: “Ayo Jogo Jawa Timur, Bekerja Bersama untuk Jawa Timur yg lebih aman dan Bebas Covid19”.
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Lomba Blogger Polri (Polda Jatim) ini untuk menciptakan pemikiran – pemikiran kritis membangun edukasi Kamtibmas dan masalah sosial,melalui bahasan Kampung Tangguh Semeru yang di gagas langsung oleh Kapolda Jatim bersinergi dengan Forkopimda JawaTimur.
“Semua peran elemen masyarakat sangat diperlukan,baik aspek pengembangan maupun pemikiran kritis yang membangun,”jelas Kombes Pol Trunoyudo, Sabtu (20/6/2020).
Menurut Kabid Humas PoldaJatim untuk memberdayakan masyarakat menjadi Individu Tangguh dalam menghadapi persoalan-persoalan sosial maupun menciptakan kondusifitas terlebih pada masa pandemi Covid-19 dan bebas dari virus yang mewabah ini.
Masih kata Kombes Pol Trunoyudo, fungsi akademis dalam hal ini Universitas atau Perguruan Tinggi juga diperlukan untuk asistensi dan bahan kajian.
“Begitu pula dengan penulis-penulis kaum akademis, media, blogger dan lainnya akan lebih dinamis lagi menjadi sumber pengetahuan sebagai langkah edukasi dan informatif ke segala penjuru daerah melalui tulisan blogger,” tambah Kabid Humas Polda Jatim.
Untuk diketahui, Kampung tangguh semeru, adalah model Pemolisian kolaboratif dengan kekuatan pada peran serta seluruh elemen masyarakat.
Berbasis Problem Oriented Policing Kampung Tangguh Semeru mencegah dan memecahkan masalah yang di hadapi masyarakat di era pandemi Covid19.
Konsep ini diunggulkan oleh Kapolda Jatim Irjen Dr. M Fadil Imran M,Si khususnya dalam menghadapai Pandemi Covid19 saat ini di wilayah Jawa Timur sebagai bukti pengabdian Polri khususnya di wilayah Jawa Timur.
Kampung Tangguh Semeru merupakan implementasi dari swadaya serta partisipasi masyarakat yang secara mandiri untuk menghadapi tantangan spesifik yang sama di tengah-tengah masyarakat.
Maka masyarakat secara swadaya (mandiri) berpartisipasi membentuk daya lawan melalui komunitas terkecil dari Tingkat RT/RW, dusun bahkan desa.
Komunitas terkecil ini akan tangguh mengingat memiliki pranata sosial terdepan, lebih homogen, dan perangkat yg unsur elemen masyarakatnya memberikan kontribusi untuk wilayah tersebut.
Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini akan efektif karena berbasis komunitas – komunitas RW di perkotaan dan atau dusun pada kabupaten.
Kampung Tangguh juga melibatkan elemen dari mulai perangkat RT/RW, Dusun bahkan desa dan juga tidak terlepas peran TNI/Polri (Babinsa dan Bhabinkamtibmas) selaku security assesor.
Perkembangannya sangat dinamis dan masing-masing spot wilayah Kampung tangguh Semeru memiliki daya kreatifitas yang berkembang dan berbeda beda sebagaimana karakteristik kemampuan masyarakatnya dan sumber daya yang dimiliki setiap lingkungan. (why/one).

Blog, Updated at: Juni 21, 2020